Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya

Halaman Depan
Berita & Info
Kalender Akademik
Jadwal Kuliah
Pendaftaran Online
Bursa Kerja
Fasilitas
Pelatihan

 
Tips
Tips
July 04, 2014
Tips Agar Tetap Sehat diBulan Puasa

1. Buat Perencanaan Makanan

Selama bulan ramadhan, untuk menjaga kesehatan di bulan puasa buatlah perencanaan daftar makanan yang akan anda konsumsi sekeluarga secara rapi. Hal ini bertujuan agar anda tidak bingung menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap hari. Selama berpuasa hindari menu makanan yang instant karena efeknya tidak baik untuk kesehatan anda.

2. Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang kedua adalah mengurangi konsumsi beberapa minuman diatas. Coba kurangi sekali untuk dua hari atau terserah manajemen anda. Hal ini penting untuk meminimalkan datangnya sakit kepala saat anda sedang berpuasa. Alternatifnya, banyak minum air putih. Dalam sehari anda bisa minum 4-10 gelas dan itu dibagi untuk buka dan sahur.

3. Kebiasaan Makan Sehat

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah menjaga kebiasaan makan yang sehat. Dalam berbuka, jangan lupakan menu buah dan sayuran sebagai penyeimbang. Pada saat sahur, usahakan agar anda tidak bangun telat. Alasannya, agar anda tidak makan terlalu cepat saat sahur. Ini penting karena makan terlalu cepat bisa berakibat tidak baik, berlaku juga pada saat berbuka puasa.

4. Konsultasi ke Dokter

Jika anda punya masalah kesehatan, anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Konsultasikan tentang keluhan anda, dan minta tips kepada dokter bagaimana pola makan yang cocok, serta bagaimana agar anda bisa menjalankan puasa dengan baik. Dengan begitu, tujuan anda untuk menjaga kesehatan di bulan puasa akan tercapai.

5. Cukup Waktu Tidur

Tidur malam juga adalah hal penting yang harus anda perhatikan dalam menjaga kesehatan di bulan puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh anda untuk aktivitas di hari berikutnya. Tapi, jika anda merasa kurang cukup tidur. Gunakan waktu siang untuk tidur,tapi jangan sampai hal itu mengganggu aktitas anda di siang hari.

6. Berolahraga

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah olahraga. Olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh anda bisa terjaga. Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat, minimal jalan santai yang biasanya banyak dilakukan orang setelah sahur.

Semoga 6 tips menjaga kesehatan di bulan puasa diatas berguna untuk anda. Lakukan dengan tepat, dan anda akan bisa menjaga kesehatan di bulan puasa.

Sumber : jasionline.com


Login
Tips
28 November 2016

Liburan sudah dekat. Berikut beberapa tips agar kalian dapat menikmati liburan secara maksimal 

1. Lakukan survey lokasi

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti...
read more...

Bursa Kerja Akse WMS
Expired : 15 September 2019

Expired : 08 September 2019
SEKRETARIS / STAFF PERSONALIA TONG TJI Tea House Bar Kualifikasi : - Wanita, usia max 28 tahun - Pendidikan minimal D3 (Sekretari/Psikologi/Manajemen SDM) - IPK minimal...
read more...

Kalender

TOEIC®
Online Registration
Pej. Struktural & Personalia
Contact Us
Bursa Kerja

Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya