Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya

Halaman Depan
Berita & Info
Kalender Akademik
Jadwal Kuliah
Pendaftaran Online
Bursa Kerja
Fasilitas
Pelatihan

 
Tips
Tips
December 19, 2013
9 Tips Mengatasi Stress

Stress adalah keadaan jiwa yang paling populer di abad ini. Coba anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungkin anda sendiri sedang mengalaminya?
Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, anda akan terkena banyak masalah kesehatan.

Ada beberapa hal utama yang dapat menyebabkan stress di tempat kerja :
- Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan
- Ketidak jelasan tugas yang diberikan
- Permintaan barang yang sangat tinggi
- Kurangnya perencanaan kerja
- Adanya ancaman di kalangan karyawan
- Teriakan dan makian para konsumen
- Teman kerja yang selalu mengganggu
- Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang dsb.
- dan yang paling buruk, tidak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah diatas.

Hal-hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti : depresi, gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan.


Berikut adalah 9 tips mengatasi stress di tempat kerja :

1. Rencanakan dengan baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).

2. Pastinya anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat ini.

3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

4. Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.

5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja.

6. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.

7. Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.

8. Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.

9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.

Disamping stress di tempat kerja, di kehidupan secara umum kita pun dapat mengalami stress dengan beberapa alasan.

http://www.akuinginsukses.com/17-tips-mengatasi-stress-dalam-hidup-dan-di-tempat-kerja/


Login
Tips
28 November 2016

Liburan sudah dekat. Berikut beberapa tips agar kalian dapat menikmati liburan secara maksimal 

1. Lakukan survey lokasi

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti...
read more...

Bursa Kerja Akse WMS
Expired : 15 September 2019

Expired : 08 September 2019
SEKRETARIS / STAFF PERSONALIA TONG TJI Tea House Bar Kualifikasi : - Wanita, usia max 28 tahun - Pendidikan minimal D3 (Sekretari/Psikologi/Manajemen SDM) - IPK minimal...
read more...

Kalender

TOEIC®
Online Registration
Pej. Struktural & Personalia
Contact Us
Bursa Kerja

Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya