Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya

Halaman Depan
Berita & Info
Kalender Akademik
Jadwal Kuliah
Pendaftaran Online
Bursa Kerja
Fasilitas
Pelatihan

 
Tips
Tips
December 11, 2013
5 Hal Yang Perlu Dihindari Di Kantor

Dalam bekerja, Anda mungkin mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan. Perasaan jenuh atau marah seringkali datang mengganggu konsentrasi Anda. Meski demikian, Anda tetap harus bisa mengendalikan diri saat bekerja. Banyak orang tak bisa mengendalikan diri dan berlaku seenaknya di tempat kerja. Kadang berteriak atau bertengkar dengan teman sekantor juga dilakukan karena tak mampu mengontrol emosi. Kesalahan-kesalahan tersebut bisa membuat karir Anda berantakan.

Berikut lima hal yang perlu dihindari di kantor:

1. Bicara dan bertingkah sesukanya

Kebanyakan orang menghabiskan lebih banyak waktunya di kantor daripada di tempat lain. Maka normal jika Anda memiliki berbagai perasaan emosional saat bekerja. Namun jika diamati dengan teliti, banyak orang yang tak mampu mengendalikan emosinya di kantor lalu bertindak gegabah. Tindakan negatif seperti itu biasanya berasal dari rasa marah dan putus asa yang berlebihan.

2. Membicarakan rekan kerja di belakang

Sikap rekan kerja seringkali menjadi bahan obrolan di kantor. Banyak karyawan yang merasa nyaman menertawakan, mengejek, atau meremehkan rekan kerjanya sendiri. Bahkan bisa jadi rekan kerjanya tersebut adalah teman baiknya sendiri. Saat ada rekan kerja yang bertingkah sedikit aneh, atau kurang profesional, karyawan lain mulai membicarakannya di belakang. Banyak pegawai yang lebih nyaman membicarakannya pada orang lain daripada langsung pada orangnya. Kebiasaan ini dilakukan karena para pegawai tersebut tak punya keberanian untuk langsung mengatakannya. Padahal aksi ini tak menyelesaikan masalah. Sebagian lain mungkin menyebutnya bergosip. Pembicaraan soal rekan kerja tersebut mungkin benar, tapi tak akan ada hasilnya jika Anda tak berani mengatakannya langsung pada orangnya.

3. Berbohong

Tak jarang karyawan berbohong guna melindungi dirinya atau menghindari konsekwensi jika berkata jujur. Jika Anda tak jujur tentang keahlian dan keterampilan atau latar belakang pekerjaan Anda, maka hal tersebut justru akan membahayakan karir Anda. Pelajarilah kelemahan kerja Anda dan atasi sebelum mulai melamar pekerjaan.

4. Mengeluh

Ada banyak cara untuk mengungkapkan perasaan pribadi Anda di tempat kerja. Mengatakan Anda kecewa, tak bahagia, dan ingin keluar kerja tak akan membantu karir Anda. Apalagi jika hal tersebut disampaikan pada rekan kerja, bos atau tim HRD di kantor. Lebih baik Anda mengatakan apa yang senang Anda kerjakan, pencapaian di kantor atau kesiapan menyelesaikan pekerjaan. Tonjolkan keunggulan Anda dalam bekerja, bukan kelemahannya.

Jangan pernah mau ditekan keluhan sendiri. Berceritalah soal berbagai hal yang senang Anda lakukan untuk mengembangkan karir dan keterampilan pribadi. Berhentilah bicara soal bosa Anda dengan mengatakan, "Saya sangat menyedihkan dan itu karena Anda".

5. Memutuskan hubungan baik dengan rekan kerja

Kesuksesan berasal dari hubungan yang baik. Namun bukan berarti keahlian dan bakat Anda tak penting, tapi dalam bekerja Anda membutuhkan orang lain. Bukan hanya bos, tapi mereka yang makan siang bersama Anda, mengikuti training bersama, teman satu tim, atau orang-orang yang selalu bersama Anda di kantor.

Sekecil apapun bentuknya, hubungan baik merupakan hal yang sangat penting dalam membangun karir. Silahkan hindari orang yang tidak Anda percaya atau tidak disukai, tapi jangan putuskan hubungan dengan mereka.

 

http://indojobhunter.com/cara-mengendalikan-emosi-ketika-berada-di-tempat-kerja.html

 

Login
Tips
28 November 2016

Liburan sudah dekat. Berikut beberapa tips agar kalian dapat menikmati liburan secara maksimal 

1. Lakukan survey lokasi

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti...
read more...

Bursa Kerja Akse WMS
Expired : 15 September 2019

Expired : 08 September 2019
SEKRETARIS / STAFF PERSONALIA TONG TJI Tea House Bar Kualifikasi : - Wanita, usia max 28 tahun - Pendidikan minimal D3 (Sekretari/Psikologi/Manajemen SDM) - IPK minimal...
read more...

Kalender

TOEIC®
Online Registration
Pej. Struktural & Personalia
Contact Us
Bursa Kerja

Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya