1. Menampilkan Citra Perusahaan
Sekretaris harus menampilkan citra perusahaan yang baik.
2. Baik dan Bertanggung Jawab
Sekretaris harus ramah, baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukan hanya baik kepada pimpinan tapi juga harus baik kepada relasi dan kawan sekantor.
3. Pandai Menjaga Rahasia
Sekretaris akan selalu mendapat kepercayaan dari pimpinan sehingga sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi pimpinan.
4. Tahu Teknologi
Sekretaris bukan hanya harus pandai berdandan, tapi seorang sekretaris juga harus up date terhadap kemajuan teknologi misalnya teknologi informasi.
5. Tahu Accounting dan Pembukuan
Accounting dan pembukuan juga harus dikuasai oleh seorang sekretaris agar bisa melakukan pembukuan kantor.
6. Harus Bisa Bahasa Asing
Menguasai bahasa asing adalah nilai tambah yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris. Sekretaris akan sering diminta pimpinan untuk bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negeri.
7. Mempelajari Karakter Pimpinan
Kenalilah karakter pimpinan agar Anda tidak salah dalam bertindak dan mengambil keputusan.
8. Mempunyai Etika yang Baik
Seorang sekretaris harus memiliki etika yang baik yaitu dalam hal berbicara, makan, duduk, dsb. Hal teresebut akan mempengaruhi citra perusahaan.
9. Pandai Berbicara di Depan Publik
Sekretaris harus bisa berbicara dengan publik atau pada saat meeting. Terkadang sekretaris diminta untuk menemani pimpinan bahkan menggantikan pimpinan untuk melakukan presentasi.
sumber: http://www.klipingku.com/2008/09/cara-menjadi-sekretaris-profesional/ (MdR)