Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya

Halaman Depan
Berita & Info
Kalender Akademik
Jadwal Kuliah
Pendaftaran Online
Bursa Kerja
Fasilitas
Pelatihan

 
Tips
Tips
December 05, 2013
Cara Menghindari Phising

Kejahatan didunia maya tidak kalah merugikannya dibandingkan dengan kejahatan didunia nyata. Kejahatan didunia maya umumnya dilakukan oleh para hacker yang melakukan pencurian informasi pribadi seperti username, password atau PIN, nomor rekening bank dan kartu kredit anda, nama ibu dan tanggal kelahiran anda dan informasi penting lainnya yang akan dipergunakan untuk  melakukan berbagai jenis kejahatan dan penipuan keuangan.

Kegiatan pencurian informasi ini dilakukan dengan cara seolah-olah berasal dari sumber yang sah seperti Bank, jaringan sosial atau dari Web asli seperti Google yang meminta anda untuk mengisi data-data penting pribadi anda yang dikenal dengan nama phising.

Penyerang (phiser) mencoba untuk mengelabui anda agar memberi informasi kepada mereka via email yang meminta calon korban untuk mengambil tindakan secepatnya guna mencegah keterlambatan seperti contoh berikut :

  • Bank kami memiliki sistem keamanan baru, perbaharui informasi anda sekarang atau anda tidak dapat mengakses akun anda.
  • Kami tidak bisa memverifikasi informasi anda, klik disini untuk memperbaharui account anda.

Umumya korban tidak menyadari telah  memberikan semua informasi yang dibutuhkan untuk membajak rekening anda  atau mencuri uang anda atau mungkin melakukan pembelian kredit atas nama anda.

Konsep dibalik serangan ini sederhana dimana phiser menyamar sebagai orang lain dalam upaya mendapatkan informasi sensitif pribadi calon korban termasuk menyamar sebagai instansi perbankan, penyedia applikasi, pedagang online, layanan pembayaran online dan bahkan Pemerintah dengan membuat email palsu yang bisa terlihat sangat meyakinkan.

Langkah untuk menghindari serangan atau situs phising :

  1. Jangan pernah membalas email yang mencurigakan apalagi memasukkan sandi pada situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai serta mengirimkan password dan data pribadi penting anda melalui email. Situs atau bisnis yang sah umumnya tidak akan meminta informasi melalui email.
  2. Jika anda menerima permintaan informasi sensitif, buka jendela browser baru dan pergi ke situs organisasi dengan mengetik alamat website organisasi untuk meyakinkan bahwa anda sedang berhadapan dengan situs organisasi real dan bukan dengan website phiser. Jika ada sesuatu yang diperlukan dari anda, biasanya ada pemberitahuan di situs organisasi ini atau jika anda tidak yakin dengan permintaan ini sebaiknya menghubungi situs organisasi tersebut untuk bertanya.
  3. Jangan pernah membuka situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai. Periksa URL untuk memastikan halaman sebenarnya adalah  bagian dari situs organisasi dan bukan halaman penipuan pada domain yang berbeda seperti mybankk.com atau g00gle.com
  4. Berhati-hati terhadap tawaran yang fantastis yang tampaknya terlalu mudah untuk menjadi kenyataan, ini  mungkin phiser.
  5. Gunakan browser yang memiliki filter phising yang akan membantu anda mengetahui serangan phising potensial. Alamat situs yang aman dimulai dengan "https://" dan menampilkan icon Gembok terkunci diperamban anda.

SUMBER: http://tipszumare.blogspot.com/2012/04/cara-menghindari-phising.html


Login
Tips
28 November 2016

Liburan sudah dekat. Berikut beberapa tips agar kalian dapat menikmati liburan secara maksimal 

1. Lakukan survey lokasi

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti...
read more...

Bursa Kerja Akse WMS
Expired : 15 September 2019

Expired : 08 September 2019
SEKRETARIS / STAFF PERSONALIA TONG TJI Tea House Bar Kualifikasi : - Wanita, usia max 28 tahun - Pendidikan minimal D3 (Sekretari/Psikologi/Manajemen SDM) - IPK minimal...
read more...

Kalender

TOEIC®
Online Registration
Pej. Struktural & Personalia
Contact Us
Bursa Kerja

Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya