Tanggung jawab dan peran sekretaris di masa depan harus disesuaikan seiring perkembangan zaman. Tuntutan dan tantangan pekerjaan seorang sekretaris berkembang menjadi pekerjaan yang dinamis dan mandiri.
Sekretaris di masa depan dituntut untuk bisa lebih berinisiatif, proaktif, dan bekerja mandiri tanpa perlu pengawasan secara terus menerus. Apa artinya seorang sekretaris tanpa pimpinan, dan apa jadinya jika pimpinan tanpa sekretaris? keduanya saling membutuhkan. Ingat , kesuksesan kita sebagai seorang pemimpin juga didukung oleh peran sekretaris yang handal.
Berikut 7 Peran Sekretaris di Masa Depan:
1. Mempunyai kemampuan Human Resources
Seorang sekretaris adalah orang yang harus mengerti tentang gaya dan karakter pimpinannya sehingga dapat mencari dan menemukan seorang karyawan yang dibutuhkan oleh pimpinan. Selain itu sekretaris bisa berperan sebagai trainer,bahkan leader dan mentor untuk seluruh staf administrasi yaitu dengan cara meninjau kinerja para staf, serta rekan kerja junior lainnya.
2. Lingkup pekerjaan lebih luas
Seiring berkembangnya peran teknologi, para pimpinan kini bisa mengangani e-mail nya sendiri, mereka berkorespodensi ,menelpon, membuat janji, bahkan membuat presentasi meetingnya sendiri. Dengan demikian ,peran sekretaris bisa menjadi lebih spesifik dan mengambil lingkup pekerjaan yang lebih luas misalnya menjadi sarana untuk memperluas jaringan perusahaan dan bahkan menjadi pengambil keputusan saat pimpinan berhalangan.
3. Kemampuan Multitasking
Multitasking adalah kemampuan untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus pada waktu yang bersamaan. Kemampuan ini cukup penting dimiliki oleh seorang sekretaris karena dengan begitu pekerjaan akan selesai dengan cepat. Modal utama untuk bisa melakukan pekerjaan multitasking adalah dia harus terbiasa untuk Well-Organized yaitu bekerja dengan teratur, rapi, terstruktur dan tentunya hasil yang maksimal.
4. Keahlian yang makin spesifik
Sebagian besar pekerjaan sekretaris telah berkembang dari fungsi umum menjadi fungsi specialis. Ada peningkatan permintaan bagi sekretaris yang mempunyai keahlian lebih, misalnya di bidang Legal, Banking, atau bahkan Human Resource. Para sekretaris dengan keahlian dan pengetahuan khusus yang relevan di bidangnya kian banyak dicari
5. Menguasai manajemen Informasi
Sekretaris telah berubah menjadi profesi yang berorientasi pada pengetahuan dimana mereka harus bisa menjalankan tugas untuk mengelola informasi di dalam perusahaan dan secara langsung ikut terlibat dalam arus dan penyimpanan informasi di perusahaan. Mereka juga harus bisa menjamin segala informasi yang berharga bisa diteruskan atau dibagi secara efisien kepada pihak-pihak yang membutuhkan sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja sama antar departemen sebagai satu team yang utuh.
6. Kemampuan Customer Service dan Riset
Keunggulan lain dari seorang sekretaris yang handal adalah customer service yang baik yang mana mereka seringkali harus berhubungan dengan pelanggan atau klien sehingga mereka perlu memiliki pengetahuan yang kuat dan kompeten dalam bidang service. Kemampuan seorang sekretaris dalam mengumpulkan informasi juga penting karena akan banyak mencari dan mengumpulkan data informaasi mengenai klien, tren industri saat ini, pengelolaan data base, dan informasi mengenai competitor.
7. Menguasai teknologi
Para sekretaris harus menguasai teknologi, khususnya dibidang komunikasi dan semua teknologi yang bisa memperlancar komunikasi dan satu lagi yang tak kalah penting adalah teknologi untuk melakukan presentasi,yang didukung oleh kemampuan dan keahlian melakukan presentasi dari sekretaris itu sendiri.
sumber: http://7topranking.blogspot.com/2013/02/7-sekretaris-di-masa-depan.html