Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya

Halaman Depan
Berita & Info
Kalender Akademik
Jadwal Kuliah
Pendaftaran Online
Bursa Kerja
Fasilitas
Pelatihan

 
Tips
Tips
September 05, 2013
Tips Berpakaian Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja memang merupakan momen penting dalam perjalanan karir Anda. Beratnya beban dalam wawancara kerja, tidak jarang membuat Anda gugup dan gelisah.  Penampilan merupakan salah satu poin penting yang perlu diperhatikan, saat melakukan wawancara kerja. Semakin baik penampilan Anda, maka rasa percaya diri Anda akan semakin besar. Dengan percaya diri yang baik maka Anda dapat menanamkan kesan yang baik pula kepada pewawancara.

Aturan dasar dalam berpakaian saat wawancara kerja

  • Jangan sampai memakai pakaian yang terlalu kasual.

 Alangkah baiknya jika Anda mengenakan busana berupa kemeja, blazer dan rok/celana. Dengan memakai pakaian tersebut, Anda mengkomunikasikan kepada pewawancara bahwa Anda dewasa, profesional dan bisa menjadi anggota dari sebuah tim. Pastikan baju yang Anda kenakan tidak terlalu longgar maupun terlalu ketat. Tampil dengan menjadi diri sendiri yang tentunya nyaman bagi pribadi dan orang lain.

  • Sesuaikan pakaian dengan bidang pekerjaan yang kamu ajukan.

 Jika Anda melamar ke perusahaan yang lingkungan kerjanya serius seperti bank,firma hukum, kenakan busana formal seperti blazer atau setelan. Tapi jika perusahaan yang Anda tuju adalah bidang kerja kreatif, seperti media atau agensi periklanan, berikan sedikit warna dalam penampilan Anda lewat pemakaian aksesori scarf, kalung, atau ikat pinggang.

  • Pemilihan warna dalam berpakaian

Anda bisa memilih kemeja atau baju dalaman dalam warna biru lalu dipasangkan dengan blazer berwarna hitam atau abu-abu. Warna ini akan memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang jujur dan dapat dipercaya. Sebaliknya, hindari warna merah menyala , warna ini akan memberikan kesan Anda adalah orang yang suka menantang.

  • Hindari kesan seksi.

Bagi wanita, jangan sekali-kali mencoba terlihat seksi dengan memakai rok mini atau busana terlalu rendah. Penampilan seperti itu akan membuat Anda terkesan tidak profesional dan tentu saja Anda tidak mau menarik perhatian orang lain dengan cara yang salah.

  • Hindari pemakaian aksesoris yang berlebihan.

Aksesoris yang berlebihan seperti kalung, cincin, gelang, dsb dapat menganggu/mengalihkan perhatian pewawancara. Wanita juga disarankan untuk tidak membawa tas tangan karena cenderung untuk menggeledah di dalamnya ketika gugup. Cukup membawa folder/agenda.

  • Perhatikan kerapian

Anda harus memperhatikan kerapian, misalnya pastikan kemeja dimasukkan ke dalam. Bersihkan juga sepatu, jangan sampai ada sisa-sisa tanah yang menempel. Selain itu, perhatikan juga rambut agar tertata rapi. Biasakan rambut diikat untuk yang memiliki rambut panjang.


Login
Tips
28 November 2016

Liburan sudah dekat. Berikut beberapa tips agar kalian dapat menikmati liburan secara maksimal 

1. Lakukan survey lokasi

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti...
read more...

Bursa Kerja Akse WMS
Expired : 27 September 2019
SECRETARY PT MIKATASA AGUNG Raya Rungkut Industri II No.2-4, Surabaya   Qualification : - Female, max 30 years old - Bachelor degree from all faculty, min GPA 3.00 -...
read more...

Expired : 15 September 2019

Kalender

TOEIC®
Online Registration
Pej. Struktural & Personalia
Contact Us
Bursa Kerja

Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya