Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya

Halaman Depan
Berita & Info
Kalender Akademik
Jadwal Kuliah
Pendaftaran Online
Bursa Kerja
Fasilitas
Pelatihan

 
Tips
Tips
June 29, 2013
Tips Meredakan Amarah

Beberapa mahasiswa AKSE sangat rentan dalam menghadapi emosi. Entah karena tugas nya yang terlalu banyak atau mengenai masalah pribadi masing-masing.

 

Berikut adalah tips untuk meredakan amarah.

 

Marah merupakan bentuk luapan emosi negatif. Dalam kondisi marah biasanya seseorang sulit mengendalikan diri dan lebih bersikap agresif. Saat marah terkadang seseorang menunjukkan reaksi yang berlebihan seperti berteriak-teriak bahkan sampai membanting barang-barang yang berada di sekitarnya.

 

Bila tidak dikelola dengan baik, kondisi ini bisa merugikan diri Anda sendiri. Agar amarah Anda tidak berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola marah.

  1. Membedakan sikap marah dengan bermusuhan

Pada saat emosi sedang memuncak Anda seakan mendapat dorongan untuk mengeluarkan segala bentuk amarah Anda dengan berbagai tindakan seperti berteriak-teriak, membanting barang, atau Anda memilih untuk diam saja. Tentu saja ekspresi tersebut dapat menunjukkan sikap bermusuhan. Tindakan inilah yang nantinya akan menjadi awal dari masalah baru bila tidak dihentikan. Ingatlah, saat marah sebenarnya Anda tidak harus menunjukkan apa yang sedang dirasakan.

  1. Menyadari untung ruginya menunjukkan sikap bermusuhan

Tanyakan pada diri Anda sendiri mengenai konsekuensi yang akan ditanggung oleh Anda dan orang lain akibat sikap bermusuhan yang Anda tunjukkan. Pikirkan bila Anda akan kehilangan teman, mengecewakan orang lain, dan dianggap buruk karena sikap berlebihan saat meluapkan emosi.

  1. Menarik diri

Ketika ada suatu hal yang membuat marah, Anda tidak perlu langsung memberikan reaksi. Cobalah untuk berpikir lebih jauh tentang konsekuensi yang akan Anda hadapi jika menunjukkan tindakan agresif yang berlebihan.

  1. 4.      Menghindari pikiran negative

Saat marah hindari segala sesuatu yang dapat memprovokasi diri Anda sendiri. Sadarilah bahwa dalam menjalani kehidupan ini semua orang tidak mungkin bisa hidup sesuai yang diinginkan. Janganlah kesal bila ada yang tidak sesuai dalam kehidupan ini.

 

Ketahuilah bahwa marah dapat menimbulkan stres yang nantinya bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh manusia. Bila emosi mulai memuncak Anda bisa mengalihkannya dengan melakukan aktivitas lain seperti menulis, jalan-jalan, atau nonton film kesukaan Anda. Mulai sekarang jauhkan amarah dari kehidupan Anda agar lebih sehat dan bahagia.

 

IP

 

Login
Tips
28 November 2016

Liburan sudah dekat. Berikut beberapa tips agar kalian dapat menikmati liburan secara maksimal 

1. Lakukan survey lokasi

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti...
read more...

Bursa Kerja Akse WMS
Expired : 27 November 2019
SECRETARY TO PT MIKATASA AGUNG Job Description: Processing data and present it in Excel Update & manage data, filing, etc Organising & maintaining diaries &...
read more...

Expired : 25 November 2019
PT. RollindoPratama is asubsidiary company of PT. Multi RubindoMargomulyo area, Surabaya. Since its established in 2009, PT. RollindoPratama is one of the leading...
read more...

Kalender

TOEIC®
Online Registration
Pej. Struktural & Personalia
Contact Us
Bursa Kerja

Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya