Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya

Halaman Depan
Berita & Info
Kalender Akademik
Jadwal Kuliah
Pendaftaran Online
Bursa Kerja
Fasilitas
Pelatihan

 
Berita & Info
Berita & Info
31 Agustus 2013
Kuliah Tamu

Guest Lecture

Taiwan’s Past, Present, and Future

 

Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya mengadakan kuliah tamu dengan mendatangkan seorang pembicara dari Taiwan yaitu Professor Yi-Hsu Ju dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Tema dari kuliah tamu ini adalah Taiwan’s Past, Present, and Future.

Professor Yi-Hsu Ju memberikan beberapa penjelasan singkat mengenai negaranya, Taiwan. Setelah beliau memberikan penjelasan, Lily Laoshi selaku interpreter dan moderator memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan pertanyaan. Pertanyaan pertama disampaikan oleh Devi yang merupakan mahasiswi angkatan 2012. Devi menanyakan apa yang membuat Professor bangga menjadi orang Taiwan. Beliau pun menjawab bahwa ia sangat bangga menjadi orang Taiwan  karena dahulu Taiwan merupakan negara imigran yang miskin,  namun karena kerja keras bersama sekarang Taiwan menjadi Negara yang maju.

Martina Putri dari angkatan 2011 juga menanyakan nilai budaya apa yang menjadi pandangan hidup professor sehingga bisa menjadi profesor yang hebat. “Meskipun Teman sekolah satu angkatan banyak yang jadi pebisnis, bos besar, kaya, naik mobil mewah, tapi tekanan hidup mereka sangat besar. Jadi dosen juga ada tekanan tapi lebih rileks, bisa mengatur kehidupan, bukan kehidupan yang mengatur diri saya.” sahut beliau.

Taiwan yang dulu dan sekarang memiliki perbedaan budaya. Contohnya adalah prosesi pemakaman. Jika dulu prosesi bisa memakan waktu sampai 49 hari sampai dimakamkan. Sekarang, seiring dengan semakin banyaknya populasi di Taiwan, pemerintah Taiwan membuat kebijakan agar setiap orang yang meninggal tidak dimakamkan tapi dikremasi.  Kebiasaan hidup sehari-hari pun turut disesuaikan dengan perkembangan jaman. Gaya kehidupan di Taiwan mulai sedikit kebarat-baratan.

Professor juga memberikan tips jika bertamasya ke Taiwan,  hendaknya mencicipi makanan khas dari Taiwan. Makanan khas di Taiwan umumnya sangat beragam, tergantung selera masing-masing. Salah satu contohnya adalah chòu dòufu (Stinky Tofu) yaitu tahu yang difermentasikan dan memiliki aroma yang sangat tajam. Selain itu, tempat wisata yang terkenal yang wajib dikunjungi antara lain Gedung 101 dan Selat di selatan Taiwan.

Sayangnya, jika belajar di Taiwan, pemerintah tidak mengijinkan bekerja sambil kuliah, kecuali dengan ijin dari Universitas. Ijin yang diberikan oleh universitas untuk bekerja pun maksimal hanya 8 jam/minggu. Jika  tidak mendapatkan ijin tersebut, mahasiswa asing tidak diperkenankan untuk bekerja.

Biaya kuliah di Taiwan kurang lebih 8 juta – 9 juta/semester dengan biaya hidup sekitar 18 juta – 25 juta/semester. Makanan dan pakaian di Taiwan pun relative lebih murah dari Indonesia. Namun biaya penginapan di sana sedikit lebih mahal, tapi khusus mahasiswa asing biasanya bisa mendapatkan asrama dengan biaya Rp. 350.000-/ bulan. Faktor keamanan di Taiwan pun sangat terjamin sehingga para wisatawan pun akan merasakan aman berkunjung ke sana.

 ly/LY

 

Login
Tips
28 November 2016

Liburan sudah dekat. Berikut beberapa tips agar kalian dapat menikmati liburan secara maksimal 

1. Lakukan survey lokasi

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti...
read more...

Bursa Kerja Akse WMS
Expired : 29 October 2019
SECRETARY BANK BTN  PENEMPATAN SURABAYA   Qualification : - Perempuan, berpenampilan menarik, proporsional, ramah - Tinggi minimal 160cm - Dapat berkomunikasi...
read more...

Expired : 27 September 2019
SECRETARY PT MIKATASA AGUNG Raya Rungkut Industri II No.2-4, Surabaya   Qualification : - Female, max 30 years old - Bachelor degree from all faculty, min GPA 3.00 -...
read more...

Kalender

TOEIC®
Online Registration
Pej. Struktural & Personalia
Contact Us
Bursa Kerja

Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya