Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya

Halaman Depan
Berita & Info
Kalender Akademik
Jadwal Kuliah
Pendaftaran Online
Bursa Kerja
Fasilitas
Pelatihan

 
Berita & Info
Berita & Info
30 Maret 2016
Tips untuk Tetap Fokus

Mengkonsumsi makanan yang melepas gula secara perlahan

Glukosa, yang dihasilkan ketika makanan yang kita makan mulai hancur, menjaga otak kita tetap fokus dalam jangka waktu yang lama. Sementara makanan olahan yang mengandung gula tinggi seperti donat, permen, es krim dapat menyebabkan kadar gula darah naik dan turun secara drastis, sehingga membuat kita hanya dapat fokus beberapa menit. Sebaiknya Anda mencari makanan yang dapat melepas gula secara perlahan. Beberapa contoh makanan yang dapat menjaga anda tetap fokus adalah sayuran, buah-buahan dan kacang.

 

Istirahatkan mental sejenak

Beristirahatlah setidaknya 3 sampai 5 menit setiap bekerja, untuk menjaga vitalitas otak anda.  Bisa dengan berjalan-jalan keluar sebentar, makan camilan, atau sekedar berhenti dari hal yang anda lakukan. Jika anda perlu bekerja atau belajar dalam durasi yang lama, jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat yang cukup lama untuk tidur.

 

Mendengarkan musik favorit

Musik bahkan mungkin dapat membantu Anda berkonsentrasi. Sebuah ‘tonic digital’ baru yang disebut Ubrain, yang bisa diunduh ke smartphone, diklaim bisa membantu orang untuk bisa fokus, berenergi, bangkit, serta bersantai. Proses ini menggunakan dua ketukan yang berbeda pada tiap telinga, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah binaural beat, yang dapat merangsang aktivitas tertentu di dalam otak. Dengan membantu otak untuk menghasilkan gelombang tertentu, maka kita dapat menginduksi bagian yang berbeda dari kewaspadaan, tergantung pada tujuan apa yang akan kita lakukan. – jelas seorang psikolog klinis yang berbasis di Paris Brigitte Forgeot. Jika kita merasa cemas atau stres, kita bisa mendorong korteks serebral diotak untuk menghasilkan gelombang frekuensi alpha yang lambat. Sementara di ujung skala lain, jika kita membantu korteks untuk menghasilkan gelombang beta cepat, kita akan lebih siap untuk berkonsentrasi dan memusatkan perhatian kita pada tugas yang cukup panjang.

 

 

Meditasi

Salah satu latihan ringan yang paling mudah untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan cara bermeditasi. Ingat, konsep utama dalam meditasi bukanlah "mengosongkan pikiran", namun "memusatkan pikiran terhadap satu hal tertentu".  Jika anda bisa melakukan meditasi yang tepat dan membuatnya menjadi kebiasaan, maka anda pun akan lebih mudah berkonsentrasi. 

 

Jaga agar lingkungan kerja tetap bersih 

Dengan menjaga lingkungan di mana Anda kerja tetap rapi dan bersih anda akan lebih mudah untuk berkonsentrasi karena dengan adanya benda yang tidak berguna akan mencuri perhatian kita sehingga kita tidak dapat fokus ke pekerjaan kita. Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan atau jarang digunakan dan susunlah barang-barang tersebut serapi mungkin. 


Login
Tips
28 November 2016

Liburan sudah dekat. Berikut beberapa tips agar kalian dapat menikmati liburan secara maksimal 

1. Lakukan survey lokasi

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti...
read more...

Bursa Kerja Akse WMS
Expired : 27 September 2019
SECRETARY PT MIKATASA AGUNG Raya Rungkut Industri II No.2-4, Surabaya   Qualification : - Female, max 30 years old - Bachelor degree from all faculty, min GPA 3.00 -...
read more...

Expired : 15 September 2019

Kalender

TOEIC®
Online Registration
Pej. Struktural & Personalia
Contact Us
Bursa Kerja

Akademi Sekretari
Widya Mandala
Surabaya